Langsung ke konten utama

INPUT DAN OUTPUT


INPUT/OUPUT

Apa itu Input ? Apa itu Output ? Jika kita diberikan pertanyaan seperti itu, hal yang spontan terpikir oleh kita yakni Input ya Masukan, Output ya Keluaran. Tapi sering sekali beberapa orang tidak mau membahas lebih jauh lagi mengenai hal ini. Jadi ya pengetahuan mereka ya hanya sebatas Masukan dan Keluaran. Tidakkah kita mencoba bertanya lebih jauh , tentang Masukkan atau Keluaran dari APA dan untuk APA? Nah, pembahasan kita kali ini yakni mengenai INPUT/OUTPUT. Semoga dengan pembahasan kali ini , kita semua bisa lebih mengenal lebih jauh lagi mengenai teknologi. Baik, mari kita ulas.

  • INPUT ( Masukkan )
Pengertian Input adalah masukkan dari unit/perangkat luar yang digunakan untuk memasukkan atau mentransfer data dari luar ke dalam Mikroprocessor untuk di proses dan diterjemahkan. Sebagai contoh Keyboard, kita mengetik atau memberi masukkan berupa data ( baik huruf maupun angka ) untuk kemudian di process oleh mikroprocessor.

  • OUTPUT ( Keluaran)
 Pengertian Output adalah keluaran dari unit/perangkat luar yang digunakan untuk menampilkan atau menerjemahkan data yang dikeluarkan oleh mikroprosessor. Nah, tadi kan Input berfungsi sebagai masukkan data untuk di proses oleh mikroprosessor, setelah di proses lalu bagaimana? Nah ini lah fungsi dari Ouput itu, perangkat Output bertugas untuk menerima atau menampilkan data yang telah di proses oleh mikroprosesor tadi. Baik itu berbentuk gambar, tulisan, atau bahkan suara. Contohnya yakni Speaker, Perangkat ini berfungsi untuk menerima hasil proses yang berupa suara, untuk hasil gambar atau tulisan bisa menggunakan perangkat yang disebut Printer.

Jadi pada intinya fungsi dari Input dan Output ini adalah untuk memindahkan antara CPU ( Central Processing Unit) atau memori utama dengan dunia luar.

Untuk Input dan Output itu sendiri terdiri dari :
  1. Piranti I/O ( Peripheral )
  2. Pengendali I/O  ( Device Controller )
  3. Perangkat Lunak


  • Piranti I/O ( Peripheral )
Apa sih itu piranti, kok jarang denger ya? Memang jarang sekali orang menggunakan kata " Piranti ". Ya, banyak orang lebih senang atau lebih sering menggunakan kata "Perangkat" dibandingkan dengan "Piranti". Ya, alasannya karena jelas lebih mudah di ingat, hehe. Ok, jadi Piranti I/O merupakan Perangkat I/O, yang namanya perangkat identik dengan sebuah alat kan? Nah , jadi kira akan membahas alat atau perangkat yang berfungsi sebagai Input dan Ouput.
  • Perangkat Input
  1. Keyboard                                                                                                                                                Dimulai dari keyboard, siapa yang tidak mengenal perangkat yang satu ini, semua kalangan pasti pernah melihat atau menggunakan perangkat ini. Fungsi Keyboard ini sendiri adalah untuk memasukkan huruf, angka , atau karakter khusus. Data atau perintah dapat dimasukkan ke dalam komputer melalui keyboard, itulah mengapa alat ini disebut perangkat input.
  2. Mouse                                                                                                                                              Mouse berfungsi untuk perpindahan pointer atau lebih kita kenal dengan sebutan " Cursor ". Selain itu dapat berfungsi sebagai perintah praktis dan cepat dibandingkan dengan keyboard.
  3. Scanner                                                                                                                                            Scanner berfungsi untuk menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan dalam memori komputer yang nantinya akan diproses oleh mikroprosesor.
  4. Microphone                                                                                                                                     Sekarang, tadi masukkan berupa angka, huruf, gambar, atau tulisan. Yang satu ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang yang akan disimpan dalam memori komputer.

  • Perangkat Ouput
  1.  Monitor                                                                                                                                          Perangkat ini berfungsi untuk menerima atau menampilkan data berupa tampilan visual kepada pengguna komputer.
  2. Printer                                                                                                                                             Berfungsi untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas. Cetakan tersebut dapat berupa dokumen, gambar, maupun dokumen yang disertai gambar.
  3. Speaker                                                                                                                                                  Berfungsi sebagai perangkat yang mengeluarkan suara, dimana suara tersebut sebelumnya telah diolah dalam sound card.








  • Pengendali I/O
  1. Programmed I/O                                                                                                                              CPU mengendalikan perangkat I/O secara langsung dan hanya bisa melakukan 1 Operasi dalam 1 waktu.
  2. Interrupt Driven                                                                                                                               Pada teknik ini , program I/O tidak menunggu perangkat I/O. Terdapat perangkat keras yang memantau terus status perangkat I/O , jika sudah siap, perangkat keras akan memberikan informasi ke CPU ( Interupsi )bahwa perangkat sudah siap.
  3. Direct Memory Acces ( DMA )                                                                                                       Penyempurnaan dari program sebelumnya, CPU sama sekali tidak berhubungan langsung dengan operasi perangkat I/O dan DMA yang mengendalikan operasi I/O. Semua operasi yang berhubungan dengan transfer data dilakukan oleh pengontrol DMA yang merupakan unit tersendiri.

  • Perangkat Lunak 
Tujuan perangkat lunak Input dan Output :
  1. Konsep dalam desain perangkat lunak input dan output, merupakan device independence dan tidak bergantung pada device yang digunakan.
  2. Penamaan yang seragam / Uniform Naming. Penamaan file berkas atau perangkat yaitu string atau integer dan harus sederhana, tidak bergantung pada device.
  3. Penanganan Kesalahan / Error Handling. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cloud Computing

Apa itu Cloud Computing ? Pengertian  Cloud Computing atau dalam bahasa Indonesia bisa kita sebut sebagai komputasi awan adalah model penggunaan sumber daya komputasi yang disampaikan sebagai suatu layanan melalui jaringan yang umumnya berupa Internet.   Layanan berupa apa ? Layanan Infrastruktur Layanan Platform Layanan Perangkat Lunak 1. Layanan Infrastruktur                                                                                                     ...